Jangan Buat Strees Orang! Tinggal di Apartemen Jepang Harus Bertanggung Jawab
![]() |
| Bayangin tinggal di apartemen Jepang sama orang yang gak mau cuci piring sendiri... Kredit Gambar: /Unsplash |
Banyak WNI yang tinggal di apartemen Jepang sering sharing di sosial media. Dari banyaknya cerita yang muncul, ternyata banyak yang stress karena tinggal bersama orang yang tidak tanggung jawab. Maksudnya gimana ini?
Perilaku Teman Se-Apartemen di Jepang Bisa Bikin Stress!
Kalau kamu tinggal bersama teman di Jepang satu apartemen,
ada baiknya saling menghormati dan membantu. Jangan egois gak mau cuci piring,
gak mau beresin apartemen ataupun gentian mengurus cucian.
Berikut adalah contoh cerita curhat stress-nya tinggal satu
apartemen Jepang sama orang gak bertanggung jawab:
@afifdikackkk Membalas @aryaalv makasih ya mas udah jadi saksi bisu🥹🙏🏼😭 #jepangindonesia🇯🇵🇲🇨 #kenshuuseijapan🇮🇩🇯🇵 #jepang🇯🇵 #jepangfyp🎌 #日本語 ♬ suara asli - JAVANESE
Kalau kamu gimana lihat kondisi tinggal seperti ini? Pasti stress
bukan? Kerja di Jepang tuh gak gampang dan pastinya capek setelah pulang. Nah,
pas pulang lihat kondisi apartemen berantakan karena teman tinggal yang egois,
pasti bikin pusing!
Solusinya Gimana?
Kalau ada
kejadian seperti ini, kamu harus segera komunikasikan ke teman satu apartemen
untuk solusinya. Jangan sampai kejadian ini berlarut dan akhirnya malah membuat
kamu dan dia stress sendiri.
Masing-masing
harus punya tanggung jawab saat inggal di apartemen Jepang. Bekerja di
luar negeri itu penuh gak gampang, sebisa mungkin sebagai teman satu perjuangan
kalian harus saling dukung, jangan kemakan ego sendiri!
Kalau saling memberatkan, bisa-bisa relasi kamu dan teman
bisa runyam. Selain itu, gak nyaman di apartemen bisa berpengaruh pada performa
di kerja juga.
Jika komunikasi gagal dilakukan, tahap kedua adalah menyusun
strategi berpisah. Misal kamu tinggal dengan rekan kerja di apartemen yang
disediakan perusahaan, coba ajukan komplain ke perusahaan. Teman yang tidak
bertanggung jawab pasti akan diberi warning oleh perusahaan agar merawat
apartemen.
Kalau tinggal di apartemen yang kamu pilih sendiri,
sebaiknya pindah saja. Masih banyak opsi apartemen yang tersedia di Jepang.
Bayar lebih mahal sedikit tapi bebas dari stress pasti lebih baik!
Sebaiknya Dari Sekarang Biasakan Hidup Bertanggung Jawab!
Jika bisa tanggung
jawab tinggal bersama di Jepang, kamu dan teman tersebut bisa saling mendukung.
Hidup rukun bebas drama akan menjadi boost mental tersendiri di Jepang.
Banyak WNI yang di Jepang tinggal sendiri dan malah kena
mental karena kesepian. Kalau tinggal bersama rekan yang mendukung, masalah
seperti ini bisa dikurangi. Jauh dari keluarga dan rindu rumah bisa diobati
dengan kebersamaan yang hangat di Jepang.
Makanya, dari sekarang kamu harus belajar cara kooperatif
tinggal bersama. Tentukan aturan tinggal bersama dan batasan-batasannya. Lalu,
pastikan membagi tugas bersama yang seimbang. Tugas seperti bersihkan apartemen,
cuci piring, cuci baju, masak dan sejenisnya harus dijadikan kerja bersama!
Semua ini harus kamu biasakan dari sekarang biar waktu di
Jepang bisa diimplementasikan. Kalau tinggal bersama teman di Jepang yang
kooperatif pasti lebih nyaman. Daripada meminta orang lain bertanggung jawab,
kamu harus bisa contohkan dulu agar tidak dikira asal omong saja!
Semoga dengan arahan ini, kamu bisa dapatkan solusi tinggal di apartemen Jepang dengan harmonis.
Kalau butuh arahan lebih untuk tinggal di Jepang, jangan lupa pelatihan dulu di LPK Saitama dan ikut program IM Japan ya!


